Sabtu, 24 Desember 2016

Rengat ( kota raja-raja Indragiri )

Jalan yang di lalui dari tembilahan menuju rengat bisa di katakan cukup sempit dan dan datar juga di penuhi banyak jembatan.
Setelah melalui 3 jam perjalanan darat dari kota tembilahan sampai lah saya di kota rengat. Tujuan utama saya adalah danau raja. Tempat wisata populer yang ada di kota rengat.
Dari nama nya saja kita sudah bisa menilai bahwa tempat ini berhubungan dengan raja-raja Indragiri.
Dahulu kala sebelum Indonesia merdeka di riau terdapat beberapa kerajaan islam dan salah satu adalah kerajaan Indragiri. Dewasa ini daerah tersebut menjadi 3 Kabupaten di provinsi Riau, Kabupaten Indragiri Hilir beribukota tembilahan, Kabupaten Indragiri Hulu beribukota rengat dan kabupaten Kuantan sengigi beribukota taluk Kuantan.
Danau raja adalah sebuah danau tempat pemandian keluarga istana kerajaan Indragiri. Konon dahulu kala tidak jauh dari tempat pemandian keluarga istana kerajaan Indragiri tersebut terdapat sebuah bangunan istana kerajaan, yang
saat ini terdapat di tengah danau raja dan di saat musim kemarau saat debit air danau surut kita dapat melihat puing-puing bagian selatan istana kerajaan.
Di tepian danau saya memanjakan mata dengan melihat sekeliling danau. Setelah puas melihat danau saya lanjutkan perjalanan, tujuan saya selanjutnya masih di lingkungan provinsi Riau kota Pekanbaru sang ibukota provinsi.
Keluar saya dari rengat jalan yang di lalui sudah lebar dan banyak bus-bus antar provinsi yang melintas karena ini merupakan jalur lintas timur sumatera yang membentang dari aceh sana menuju selatan ke bandar lampung. Setelah 3 jam perjalanan saya sampai di Pekanbaru.
(bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar