Minggu, 25 Desember 2016

Bukit tinggi (The Dream Of Sumatera)

Kota ini di kembangkan memang untuk tujuan pariwisata. Dengan hawa yang dingin khas pegunungan dan banyak terdapat tempat-tempat bersejarah seperti lubang Jepang, benteng Fort De kock dan Jam Gadang ( Jam besar dalam bahasa Indonesia). Dan kota ini juga di apit oleh 2 buah gunung yaitu gunung merapi dan gunung singgalang.

Saya menginap di hotel ambun sari. Sebuah hotel yang strategis karena dekat dengan jam gadang atau lubang Jepang. Di hotel ini tidak terdapat pendingin ruangan karena memang udara sudah dingin. Setelah istirahat sejenak saya pergi menuju jam gadang.
Jam gadang menjadi simbol kota bukit tinggi. Ada pepatah mengatakan kalau belum ke jam gadang maka anda belum ke bukit tinggi. Jam ini di bangun pada masa penjajahan Belanda dan telah berusia 90 tahun, selesai di bangun tahun 1926 sebagai hadiah ratu Belanda kepada sekretaris Fort De Kock (sekarang bukit tinggi) Rook Maker dan di rancang oleh Yazid Rajo Mangkuto. Di sekitar jam gadang banyak terdapat padagang yang menjual berbagai macam barang seperti baju, mainan anak atau pun bagi yang ingin berfoto terdapat juru foto khusus.

Setelah selesai melihat jam gadang saya lanjutkan perjalanan menuju lubang Jepang dengan menggunakan bendi, seperti becak yang di tarik oleh kuda.
Lubang Jepang wisata sejarah lainnya yang terdapat di bukit tinggi. Lubang ini di bangun pada masa penjajahan Jepang sekitar tahun 1942 sebagai benteng pertahanan. Pekerja nya banyak di datangkan dari luar daerah seperti Jawa, Sulawesi dan Kalimantan dengan tujuan untuk merahasiakan proyek ini. Panjangnya sekitar 1.400 meter dan berkelok-kelok serta lebar nya 2 meter. Di dalam nya terdapat bekas ruangan tahanan, ruangan pengintaian, penyergapan dah gudang senjata. Cukup angker di dalam sini karena menurut cerita banyak pekerja yang meninggal saat mengerjakan lubang ini.

Setelah beberapa saat berada di lubang ini saya kembali ke hotel untuk beristirahat, karena esok saya harus mempersiapkan diri untuk mendaki gunung wisata yang ada di sumatera barat, Gunung merapi.
(bersambung)

2 komentar: