Kamis, 29 Desember 2016

Alahan Panjang ( Sejuknya Udara Perkebunan)

Kini saya kembali ke utara ke jalan lintas padang - solok. Tujuan saya adalah desa alahan panjang, desa kecil yang berada di kabupaten solok selatan, sumatera barat. Sekitar 3 jam perjalanan menggunakan mobil dari tempat saya sekarang di kecamatan terusan. Setelah melalui daerah setinjau laut yang begitu menanjak dan berkelok-kelok saya sampai di persimpangan di kota arusoka, jika lurus menuju lintas tengah sumatera dan tujuan saya belok kanan menuju ke daerah kerinci jambi. Desa alahan panjang terletak di jalan lintas padang - sungai penuh yang berada di provinsi jambi.
Pemandangan nya sungguh indah terdiri dari bukit-bukit yang merupakan bagian dari bukit barisan. Perkebunan teh di kiri kanan jalan yang yang lalui, sungguh menakjubkan melihat hal-hal seperti ini. Udaranya sungguh sejuk khas pegunungan.


Saya sampai di alahan panjang pukul 11.00 WIB. Desa di atas bukit nan sejuk. Tujuan saya kini ke danau kembar, nama lain nya danau di atas dan danau di bawah. Danau di atas letak nya lebih tinggi dari pada danau di bawah tetapi lebih dangkal dari pada danau di bawah sehingga permukaan air kedua danau ini jika di perhatikan terlihat sama rata. Jika kita melihat di satu titik berdiri yang pas maka kita akan bisa melihat keindahan ke dua danau ini secara bersamaan. Sekali lagi saya terpukau oleh keindahan ciptaan tuhan.
(bersambung)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar